Mahasiswa Aktif dalam Pertemuan Nasional

Great Indonesian Leaders Summit 2018 – Let’s Start the Future Today – Batu, 21-23 Juli 2018

Salam Kolaborasi !

Sebagai upaya dalam mendukung pencapaian program pembangunan berkelanjutan di Indonesia, melalui salah satu program kerja tahunan sekaligus unggulanya Inovator Nusantara(IN) menyelenggarakan suatau kegiatan bertajuk konferensi nasional terkait dengan point-point SDGs(Sustaiable Development Goals) 2030 yang telah disusun oleh United Nation. Bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran pemuda terhadap permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia, serta media kolaborasi untuk mengembangkan ide gagasan terkait project yang akan dikembangkan. Great Indonesian Leader Summit (GILS) 2018 tampil dengan serangkaian acara yang memberi wadah kolaborasi para pemuda dari seluruh nusantara baik berupa gagasan ataupun proyek sosial untuk saling bersinergi turut memberikan solusi terkait isu-isu permasalahan global yang terjadi. Dengan mengangkat tema tentang “Pemuda 2030: Bersinergi dalam ruang kolaborsi yang massif dan inklusif” kegiatan ini diikuti oleh 180 delegasi terbaik dari seluruh penjuru nusantara yang telah dinyatakan lolos dalam serangkaian proses seleksi berupa application form round, interview round, social projecting video dan finishing round  yang kemudian para delegasi dibagi dalam 6 chamber utama sesuia dengan project yang akan dikembngkan, yaitu chamber Life Below Water, Sustainable Cities and Comunities, No poverty, Genders Equality, Zero Hunger, Affordable and Clean Energy. Pada kesempatan ini, saya memilih Chamber Life below water dengan mengangkat tema project sosial terkait pemberdayaan masyarakat pesisir untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan pesisir melalui Kolaborasi Aksi Kita Bersama atau KAN-B guna menumbuhkan kesadaran dan membangun paradigma masyarakat betapa pentingnya kelestarian ekosistem laut.

  • (Mega Conference merupakan salah satu acara pada Opening ceremony GILS 2018)

1

  • (Kegiatan Batu Engagement yang dilakukan di sungan Kali Watu, Desa Bumi Aji)

2

  • (Bersama Komunitas Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali “SABERS PUNGLI”)

9

  • (GILS Night Project bersama Co-Founder Inovator Nusantara)

10

  • (Idea Coaching bersama Kak Tania Co-Founder Diver Clean Action)

5

  • (Pitching Competition dengan busana adat masing-masing daerah)

7

  • (Outbound dan Pelantikan Delegasi menjadi Inovator Muda, sekaligus penutupan acara GILS 2018)

4 8

Pada rangkaian pertama, GILS dibuka dengan acara Mega Conference di Hotel Grand Palace Malang. Mega Conference lebih difokuskan pada upaya pengembangan akademis dengan membicarakan mengenai peran pemuda Indonesia dalam mewujudkan SDGs2030. Speakers pada mega conference berasal dari kalangan social activitis, social project enthusiast, dan social enterprises yang expert dibidangnya dengan latar belakang dan keahlian masing-masing, diantaranya: Lucky Perdana(Publik Figure), Jackie Yap(Founder dan CEO HiGi Energy Malaysia), Rahyang Nusantara(Network Coordinator SDSN Youth Indonesia) dan Indriana Nugraheni(Manager Pilar Pembagunan dan Tata Kelola SDGs, Bappenas).

Kemudian acara dilanjutkan dengan Batu Engagement, dimana masing-masing delegasi dikelompokkan berdasarkan chamber masing-masing untuk turun langsung ke salah satu titik dikota Batu yang telah ditentukan guna mencari data-data yang relevan sekaligus berkaitan dengan proyek sosial mereka. Sehingga, setiap small group akan berkunjung ke tempat yang berbeda.

Pada tahun ini, Chamber Life Below Water turun ke daerah desa wisata Bumi Aji untuk mencari data dengan berkolaborasi bersama  komunitas Sabers Pungli(Sapu Bersih Sampa Nyemplung Kali) untuk melakukan aksi sekaligus mendapatkan inspirasi baru yang akan diolah bersama inspiring coach pada sesi idea coaching.

Setelah melakukan aksi Bersama, para delegasi kembali ke Hotel Grand Palace untuk mendapatkan pemahaman secara umum bagaimana mengolah project secara baik dan benar dari social project maupun ide para delegasi dan pengetahuan yang diproleh dari Desa Bumi Aji ketika melakukan Batu Engagement. Delegasi pada setiap chamber akan diberikan waktu untuk mendiskusikan project mengenai permasalahan yang akan diangkat dan telah ditentukan oleh masing-masing chamber. Tujuannya ialah adanya proses diskusi yang lebih inklusif berupa sharing idea dan sharing knowledge guna menghasilkan sebuah kolaborasi atau solusi terbaik yang dibutuhkan untuk menjawab masalah-masalah yang terjadi di Indonesia.

Pada hari kedua, para delegasi dipindahkan menuju Hotel Purnama, Batu untuk mendapatkan pelatihan dari seorang coach yang ahli dibidang chamber masing-masing. Selama perjalanan  kurang lebih satu jam setelah melalui proses diskusi yang panjang dan perdebatan ide gagasan dari masing-masing delegasi, maka chamber kami sepakat utuk mengangkat “Project BERBALUT” sebagai project utama yang akan kami kembangkan bersama. Berbalut sendiri merupakan singkatan dari “Bersihkan Kembali Lingungan Dan Laut” dimana nantinya akan diaplikasikan di daerah pantai Paciran, Lamongan. Project inilah yang kemudian dipelajari bersama inspiring coach untuk mendapatkan proyek yang logis untuk dikembangkan.

Pada sesi idea coaching ini memungkinkan delegasi belajar dan berlatih keterampilan khusus yang berkaitan dengan semua aspek pengembangan proyek. Secara spesifik, ada enam inspiring coach yang siap menjadi wadah bagi delegasi untuk memberikan masukan hingga menjadi partner yang siap bekerja sama dalam mensukseskan proyek sosial para delegasi. Tentunya, pada bagian ini delegasi akan mendapatkan pengetahuan baru dari para pemateri yang memang memiliki keahlian dibidangnya seperti penilaian dampak, strategi penggalangan dana dan pengembangan masyarakat berbasis aset. Sesi ini berlangsung selama satu hari penuh untuk mematangkan konsep dan langkah konkret berupa proyek sosial yng diambil sebelum di tampilkan dihadapan para investor pada pitching competition dan ditampilkan pada sesi pameran GILS 2018.

Pada malam harinya sebelum melaksanakan kegiatan pitching competition, para delagasi, panitia, beserta tamu undangan termasuk komunitas lokal beserta angel investor akan dijamu dengan berbagai hidangan makan malam. Pada sesi ini terdapat booths yang akan menampilkan hasil diskusi para delegasi dari setiap chamber, dan hasil dari beberapa program kerja Inovator Nusantara selain GILS 2018, seperti karya-karya essay putra-putri terbaik Indonesia, dan beberapa fotografi berkaitan dengan inovasi yang telah diciptakan oleh anak bangsa. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah terjalinnya hubungan sekaligus peningkatan pendekatan emosional (bonding) antara panitia, peserta, dan tamu undangan. Kemudian dilanjutkan ke acara inti yaitu pitching competition dimana satu orang perwakilan setiap chamber  mempresentasikan project hasil sesi idea coaching. Lebih menariknya lagi, seluruh delegasi yang hadir dari seluruh pelosok negeri diwajbkan memakai busana adat daerah masing-masing, sehingga menambah rasa keberagaman dan kebhinekaan antar delegasi serta semakin menambah semaraknya pitching competition.  Presentasi akan dinilai oleh dewan juri yang kompeten dibidangnya. Sesi ini bertujuan untuk mendapatkan project terbaik yang akan mendapatkan mentoring serta funding dari Inovator Nusantara.

Dalam sesi ini, akan hadir sejumlah angels investor yang juga akan menyaksikan presentasi dari project yang dilombakan sehingga delegasi GILS memiliki akses terhadap peluang pendanaan dan beberapa komunitas penggiat kegiatan proyek sosial. Hal ini dilakukan, agar GILS dapat menciptakan perubahan besar yang lebih masif dan inklusif yang berfokus pada upaya pembangunan berbasis masyarakat dalam bentuk kolaborasi karya nyata. Karena GILS 2018 adalah sebuah acara konferensi yang selalu menitikberatkan programnya pada kekuatan masyarakat. Artinya, upaya pemberdayaan masyarakat seperti mengeeksistensikan komunitas yang ada di lingkungan sekitar juga menjadi pusat perhatian program ini. Maka, pada saat pelaksanaan Batu Engagement selain di damping oleh fasilitator, para delegasi juga akan didampingi oleh komunitas-komunitas lokal yang memiliki concern yang sama dengan delegasi-delegasi yang telah dikelompokkan berdasarkan chamber. Selain itu, beberapa komunitas lokal juga akan menghadiri acara Gala Dinner, Pitching Competition, dan GILS Exhibition.

Kegiatan ini merupakan kegiatan penutup yang dilaksanakan di hari terakhir kegiatan GILS 2018. Adapun jenis-jenis acara pada sesi ini adalah sejumlah permaian di lapangan (outbound), dan pelantikan delegasi GILS 2018 sebagai anggota muda Inovator Nusantara.

 

Be the first to comment

Leave a Reply